yudi batara

"Napak Tilas ARSITEKTURKU"

Sabtu, 30 Januari 2010

Sul's House

Owner : Keluarga Samsul
Location : Bulukumba, Sul-Sel

Architect : Yudi Batara, ST


Lokasi rumah yang direncanakan ini berada di kabupaten bulukumba, sulawesi selatan ini dalam tahap perencanaan tidak memiliki banyak kendala. Owner yang kebertulan seorang teman mempercayakan sepenuhnya ide desain kepada saya. Cukup dengan kebutuhan ruangan dan gambaran mengenai keadaan di sana maka jadilah ide terhadap rumah ini. Luas tanah berukuran 12m x 14 m dan rumah direncanakan tidak beritngkat.

yudi batara
Rumah ini dirancang untuk kebutuhan pasangan muda, tiga buah kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan dapur. Ruang tidur utama didesain agak luas dengan ukuran 3m x 5,5 m dan dilengkapi dengan sebuah kamar mandi. Pada tahap pengerjaan akhirnya posisi pintu dirubah agar dapat diakses dari luar dengan pertimbangan dapat digunakan lebih fleksibel oleh seluruh penghuni rumah tetapi tetap dapat diakses dengan cepat dari kamar tidur utama. Dua buah kamar tidur yang lain berukuran 3m x 3m dirasa sudah cukup untuk memenuhi standar kebutuhan ruang tidur.

yudi batara

Mengingat kondisi di daerah perencanaan yang relatif panas pada siang hari, sebuah taman mini diletakkan di dalam rumah dan bangunan dibuat lebih tinggi. Taman tersebut juga sekaligus untuk mengakomodasi kebutuhan penghawaan dan sinar matahari untuk dua buah kamar tidur serta mengatur sirkulasi udara dalam keseluruhan bangunan.




yudi batara
Ruang keluarga dibuat cukup besar dan cukup fleksibel. Ruangan ini jg terkoneksi langsung dengan taman mini yang ada di dalam rumah dan dibatasi oleh pintu lipat. Jika suatu waktu dibutuhkan ruangan yang agak luas, pintu ini dapat dibuka lebar sehingga sehingga ruang keluarga mendapatkan space tambahan dari teras belakang. Area servis seperti dapur dan kamar mandi diletakkan di sisi kanan bangunan dan dapat diakses dari luar melalui pintu samping.

yudi batara


Untuk urusan penampilan bangunan, permainan batu alam tetap menjadi pilihan, digabungkan dengan pemilihan warna-warna lembut pada dinding seperti coklat dan krem untuk mendapatkan kesan natural. Sebuah batu alam ukir berukuan besar dipasang di dinding teras sebagai penyambut dan ucapan selamat datang sebelum memasuki ruang tamu. Pada bagian atap bangunan dibuat bertingkat-tingkat agar menyamarkan ketinggian bangunan dan memberi komposisi terhadap massa.



1 komentar:

tuti mengatakan...

Tampak belakang n tampak samping nya minta pic a

Posting Komentar